Nenek moyang kita dari abad-abad yang lampau telah mengenal berbagai bahan untuk memelihara kecantikan bahkan sampai sekarangpun masih digunakan ?

Bahan perawatan kecantikan kini semakin cangggih saja. Akan tetapi ternyata bahan-bahan kecantikan yang digunakan pada jaman `tempo doeloe' oleh nenek moyang pun tidak bisa di anggap kacangan, kualitasnya pun bisa di bilang baik dan hampir tidak mempunyai efek samping berlebihan seperti obat2 kecantikan modern.

WAJAH
Perawatan kulit wajah termasuk Isofnis utama dalam kecantikan, dan hal ini disadari benar oleh nenek moyang kita dengan menggunakan bahan Seperti:

Bedak dingin
Bedak ini tidak digunakan untuk merias wajah seperti halnya bedak pada masa kini, tetapi berfungsi sebagai masker. Fungsinya untuk mendinginkan kulit wajah yang terkena terik matahari, menghaluskan kulit wajah sekaligus menipiskan noda-noda / flek.

Bedak dingin ini biasanya dibuat dari tepung sari pati beras, yang dicampur dengan sari pati bunga-bunga seperti mawar, kenanga, cempaka ataupun melati, maupun daun pandan. Semua ini untuk merawat kulit sekaligus memberi aroma yang wangi.

Lain halnya dengan bedak saat sekarang yang berbentuk bubuk atau padat, bedak dingin ini dikemas dalam bentuk bulatan-bulatan kecil. Sebelum dibubuhkan, bulatan-bulatan bedak dingin ini terlebih dahulu dihancurkan menjadi bubuk dan dicampur dengan sedikit air mawar.

Masker
Perawatan wajah dengan menggunakan masker juga telah dikenal sejak dulu. Beragam bahan digunakan sebagai masker seperti bengkuang untuk menghilangkan noda wajah serta mencerahkan kulit, alpukat untuk memberi kelembapan serta tomat untuk menghaluskan kulit. Bahan beras juga lazim digunakan sebagai masker dipadu dengan temulawak dan belerang untuk kulit berjerawat. Seperti halnya bedak dingin, bahan-bahan utama beras ditumbuk sampai halus dan dicampur air mawar Sebelum dibubuhkan pada wajah.

Jika scat ini dikenal AHA, BHA, Kinetin yang semuanya mengandung bahan bersifat asam (acid) sebagai bahan regenerasi (peremajaan) kulit, maka dulupun wanita Indonesia sudah mengenal masker dari bahan asem jawa maupun papaya untuk memudakan kembali kulit wajah.

KECAN
Scrub
Siapa bilang scrub adalah monopoli wanita modern ? scrub yang bertujuan untuk meluruhkan lapisan kulit mati juga telah dikenal sejak dulu, seperti scrub dari bubuk kerang yang dicampur dengan air mawar, ataupun tepung beras yang dicampur sari pati kemuning dan dicampur air mawar. Bahan-bahan ini dibubuhkan pada kulit kemudian digosok-gosokkan hingga kulit matipun berguguran.


Pelembap
Nenek moyang kita dulu umumnya menggunakan minyak sebagai pelembap wajah seperti minyak zaitun maupun minyak bulus. Minyak dari sari pati bunga mawar juga lazim digunakan sebagai pelembap, pembersih maupun sebagai pewangi.

Tubuh
Tentunya perawatan tubuhpun tak Input dari perhatian nenek moyang kita, seperti misalnya :

Lulur
Perawatan tubuh tradisional yang paling populer. Lulur ini adalah versi tradisionil dari body scrub, dengan tujuan yang serupa yaitu menghilangkan lapisan kulit mati pada kulit tubuh, mencerahkan kulit sekaligus menghilangkan bau tak sedap. Lulur ini adalah campuran dari beras, kunyit (untuk membuat kulit kuning langsat) serta pandan dan beberapa
jenis akar-akaran seperti jahe. Semuanya ini dicampur. dengan air mawar, dibubuhkan pada kulit tubuh, kemudian tubuh digosok dan dipijat.

Boreh
Sama seperti lulur, boreh yang dibuat dari minyak kelapa. temulawak,sari pati kayu cendana, serta rempah-rempah lainnyabertujuan untuk menghilangkan lapisan kulit mati. Bedanya dengan lulur adalah boreh memberi rasa hangat pada tubuh sehingga sekaligus digunakan sebagai penghilang rasa pegal pada otot tubuh.

Jenis body scrub lainnya yang juga digemari nenek moyang kita adalah menggunakan biji kopi yang ditumbuk halus kemudian digosokkan pada tubuh. Untuk kulit tubuh yang peka digunakan scrub dari parutan kelapa dicampur kunyit.

Mandi rempah
Ini adalah perawatan khas tradisional Indonesia. Semula mandi rempah ini hanya ditujukan untuk wanita-wanita bangsawan dari kraton, tetapi saat ini siapa saja dapat melakukannya dan ini menjadi `menu wajib' dari spa-spa Indonesia.
Pada mandi rempah Anda berendam dalam air hangat yang dibubuhi rempah seperti cendana, rimpang kunyit dan sirih, juga minyak ekstrak bunga seperti minyak mawar atau melati. Tujuannya selain relaksasi juga membersihkan tubuh dan menghilangkan bau.

Tapel
Ini ditujukan khusus untuk wanita yang baru melahirkan agar perutnya kembali kencang. Dikemas dalam bentuk kepingan kering yang terbuat dari tepung beras, air dan rempah-rempah seperti kencur, adas, pulosari. Sebelum digunakan dicampur sedikit air hingga agak lunak kemudian dibubuhkan di perut dan dibebat dengan kain.

Rambut wanita Indonesia yang ideal menurut nenek moyang kita adalah yang tebal, hitam dan subur serta panjang hingga timbul ungkapan 'rambut bak rtlayang terurai'. Untuk itu digunakan;

Merang

Abu dari merang yang dibakar digunakan sebagai bahan pencuci rambut / shampo tradisional.

Cemceman
Minyak rambut dengan bahan utama minyak kelapa yang diramu dengan minyak kemiri, pandan, sari pati jeruk purut, bunga kenanga dan sebagainya digunakan untuk melembapkan rambut sekaligus menyuburkan, menghilangkan ketombe, menghitamkan dan memberi kilap rambut. Gunakan sembari dipijatkan di kulit kepala.

Ratus
Mengeringkan rambut sekaligus memberi aroma wangi di rambut. Rempah serta bunga dibakar di anglo, kemudian asapnya di putarkan seputar rambut sehingga lamakelamaan rambut pun kering dan aromanya tertinggal di rambut. [Ardi]
Tidak sempat membuatnya sendiri? Kini tersedia perawatan kecantikan tradisional Indonesia yang dipasarkan dalam kemasan praktis. Pilih merek yang sudah diakui umum, dan diakui Departemen Kesehatan.

Walau terbuat bahan-bahan alami, ini tidak menjamin bahwa Anda akan 100% bebas dari reaksi alergi. Coba dulu dalam jumlah sedikit sebelum menggunakannya. Jika Anda membuat sendiri, pastikan Anda menyimpannya secara baik. Karena bahan2 yang digunakan segar biasanya tidak akan tahan lama, karenanya buat seperlunya dan gunakan secepat mungkin.

Di kutip dari:
Majalah LISA


Comments (0)