Bahan - bahan alami ini dahulu kala sering sekali di pakai oleh nenek moyang kita, merek menggunakan untuk perawatan kecantikan, manfaatnya pun banyak di gunakan hingga sekarang, bahan alami tersebut juga bisa di dapat di pasar-pasar tradisional.

JERUK NIPIS
Ini merupakan bahan yang lazim tersedia di dapur kita, mudah dan murah bukan? Mulai dari mengobati batuk sampai membersihkan perabotan rumah tangga, Jeruk nipis memang merupakan buah dengan seribu kegunaan. Tidak sedikit produk kecantikan yang menggunakan bahan ini untuk berbagai khasiat yang berUeda. Anda bisa menerapkan pemakaian jeruk nipis untuk:

Jeruk Nipis untuk Mengatasi Ketombe
Atasi masalah rambut yang mengganggu ini dengan cara sederhana ini. Buat air perasan dari tiga buah jeruk nipis lalu gosokkan air itu pada kulit kepala. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas. Cuci rambut seperti biasa. Anda dapat melihat perbedaannya setelah melakukan cara ini setidaknya tiga kali.



Jeruk Nipis untuk Mengatasi bau badan
Masalah bau badan bila didiamkan akan mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Atasi dengan mencampur perasan jeruk nipis dengan kapur sirih, lain oleskan padakeyiak. Diamkan beberapa saat, bilas. Lakukan setiap kali selesai mandi pagi dan sore.

Jeruk nipis juga merupakan bahan dasar yang sering dipakai untuk astringen atau toner, terutama bagi kulit berminyak. Untuk mengencangkan clan menyegarkan kulit kusam, belah jeruk menjadi dua bagian lalu gosokkan belahan tersebut pada kulit wajah. Diamkan, bilas.

Selain memiliki aroma yang biasa dipakai untuk aromaterapi, Anda bisa meredakan otot yang tegang dengan berendam dalam air hangat yang dicampur perasan air jeruk nipis. Selagi berendam, Anda juga dapat menggosokkan buah bekas perasan pada bagian kaki yang kasar untuk melembutkannya.

Kelapa
Selain segar untuk diminum, air kelapa ternyata menyimpan berbagai khasiat untuk kecantikan. Di dalam air kelapa ternyata mengandung vitamin C yang cukup tinggi, asam folat, riboflavin dan biotin. Kelapa sendiri sudah banyak dipakai untuk membuat minyak cemceman yang biasa digunakan untuk merawat rambut. Selain itu, Anda dapat mencoba air kelapa untuk :

Kelapa untuk mencegah penuaan dini
Kencangkan kulit wajah dengan membasuh muka dengan air kelapa. Lakukan ini sedikitnya dua kali dalam sehari atau sesering yang Anda inginkan.

Mengatasi jerawat dengan kelapa.
Campurkan segelas air kelapa deng; parutan kunyit, biarkan semalam dala lemari es. Keluarkan dan campurkan dengan bubuk cendana sebanyak tiga sendok the. Simpan lagi selama tiga ha saring air dan oleskan sari larutan pa pada wajah yang berjerawat. Lakukan di kali sehari sampai jerawat mereda.
LIDAH BUAYA
Mendapat julukan 'tanaman aja serba guna', lidah buaya memang tanam yang sebaiknya tersedia pada halam kebun Anda. Mulai dari mengobati luka bakar, menghaluskan kulit sampai meringankan wasir adalah kegunaan yang bisa diambil dari lidah buaya ladah buaya, Pemakaiannya pun relative mudah. Tidak usah dicampur dengan bahan lain. Anda bisa memanfaatkan daging buah ini ua berbagai manfaat kecantikan:

Menyuburkan dan mencegak kerontokan pada rambut.
Sebelum mencuci rambut, belah v batang lidah buaya dan gosokkas dagingnya pada kulit kepala sam merata. Diamkan beberapa saat lalu hi cuci seperti biasa.

Mengobati luka bakar ringan
Terkena cipratan minyak panas, Cepat gosokkan daging lidah buaya kulit yang terkena minyak, lakukan sesering mungkin. Daging buahnya yang dingin merupakan pereda luka bakar ringan. Lidah buaya ini juga bisa digunakan untuk mendinginkan kulit yang terbakar matahari.

Di kutip dari:
Majalah LISA




Comments (0)